Bolehkah Umat Muslim Mengucapkan Selamat Natal ?

Mediasiblogger.com, Baca Sampai Habis! Saat menjelang perayaan natal, orang - orang khususnya di Indonesia selalu banyak perdebatan tentang bolehkah umat muslim mengucapkan selamat natal kepada yang merayakannya. Banyak orang-orang yang berpendapat berbeda-beda, Ada yang menyatakan boleh, namun juga ada yang mengatakan tidak. Berikut dibawah ini pernyataan-pernyataan para ulama tentang bolehkah mengucapkan selamat natal :


bolehkan mengucapkan selamat natal ?
Ucapan Selamat Natal

Tidak Boleh Menucapkan Selamat Natal


Sebagian ulama, meliputi Syekh Bin Baz, Syekh Ibnu Utsaimin, Syekh Ibrahim bin Ja’far, Syekh Ja’far At-Thalhawi dan sebagainya, mengharamkan seorang Muslim mengucapkan selamat Natal kepada orang yang memperingatinya. Mereka berpedoman pada beberapa dalil, di antaranya:

Firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Al-Furqan ayat 72:

 وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا 

Artinya: “Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.”

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca di : https://islam.nu.or.id/post/read/100603/ragam-pendapat-ulama-soal-mengucapkan-selamat-natal

Boleh Mengucapkan Selamat Natal


Sebagian ulama, meliputi Syekh Yusuf Qaradhawi, Syekh Ali Jum’ah, Syekh Musthafa Zarqa, Syekh Nasr Farid Washil, Syekh Abdullah bin Bayyah, Syekh Ishom Talimah, Majelis Fatwa Eropa, Majelis Fatwa Mesir, dan sebagainya membolehkan ucapan selamat Natal kepada orang yang memperingatinya. Mereka berlandaskan pada firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam Surat Al-Mumtahanah ayat 8:

 لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ 

Artinya: “Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.”

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca di : https://islam.nu.or.id/post/read/100603/ragam-pendapat-ulama-soal-mengucapkan-selamat-natal


Masih banyak lagi pendapat para ulama, kami hanya mengambil itu saja,  kalian bisa mencari tahu nya sendiri di google, banyak website yang membahasnya. Jadi kalian lebih memilih mana ? itu tergantung kalian, karena setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Namun akan tetapi jika kalian mengucapkan selamat natal janganlah kalian mencela yang tidak mengucapkan, Begitupun sebaliknya bagi yang tidak mengucapkan janganlah kalian mencela orang yang mengucapkan. Apa kalian tidak lelah bermusuhan atau membenci cuma perkara ini ?



Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel