5 Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri (Otodidak)

Mediasiblogger.com, Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri - Bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib dipelajari saat ini. Banyak alasan yang menjadi faktor pentingnya mempelajari bahasa yang satu ini. Salah satunya karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Dimana bahasa ini digunakan untuk berkomunikasi hampir di seluruh dunia. Salah satu faktor penting dalam keberhasilan karir kita adalah komunikasi. Salah satu alat komunikasi, yaitu melalui bahasa. So, agar dapat memiliki peluang karir yang baik, dibutuhkan juga kemampuan berbahasa yang baik.

Sayangnya, tidak semua dari Kita punya bayak waktu untuk mengambil program bahasa Inggris ataupun kursus Bahasa Inggris. So, apa yang harus kita lakukan? Tenang, sebenarnya semua bahasa dapat dipelajari secara otodidak. Termasuk di dalamnya Bahasa Inggris. Nah, kali ini ada ngasih 5 tips jitu belajar Bahasa Inggris yang bisa disimak di bawah ini.

Cara Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

 

cara bahasa inggris sendiri
Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri (Otodidak)



Bagaimana cara belajar Bahasa Inggris secara otodidak. Berikut 5 tips jitu belajar Bahasa Inggris otodidak buat kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris secara otodidak :

1. Niat dan tujuan


Tips jitu belajar Bahasa Inggris otodidak yang pertama yaitu niat. Niat sejatinya akan mencetak nasib kita. Apapun yang ingin kita lakukan, niatkan secara tulus dari hati. Niatkan untuk belajar. Begitu juga dalam belajar bahasa Inggris. Untuk mempelajarinya, kita memerlukan proses. Jadi, dibutuhkan niat yang kuat agar kita sampai pada tujuan kita. Selain niat, dibutuhkan tujuan yang jelas. Dalam Bahasa Inggris, terdapat beberapa aspek yang harus dikuasai. Yaitu, speaking, writing, listening, reading. Namun, dalam perkembangan nanti, kita biasanya lebih cenderung pada satu atau dua aspek saja. Misalkan kita mempelajari semua aspek tersebut. Tapi, dalam perkembangan kita bekerja di dunia pariwisata. Akhirnya hanya kemampuan speaking and listening yang banyak digunakan. Jadi, tentukan aspek mana yang lebih kamu butuhkan.

2. Memperbanyak vocabulary


Dalam berbahasa, kita memerlukan vocabulary atau yang biasa dikenal perbendaharaan kata. Masing-masing aspek dalam memiliki metode yang berbeda dalam mempelajarinya. Misalnya speaking, kemampuan bicara itu yang penting ngomong aja. Masalah grammar benar atau tidaknya itu masalah belakangan. Berlatihnya pun, Kita bisa berlatih di depan cermin. Coba lihat diri Kamu, pengucapan, ekspresi, dan bahasa tubuh kamu. Apakah sudah sesuai? Apakah sudah mampu menyampaikan informasi ke lawan bicara? Kamu dapat melihat kemampuan Kamu, sebelum berhadapan dengan turis di pekerjaan Kamu.

3. Berlatih grammar


Tips jitu belajar Bahasa Inggris otodidak yang selanjutnya adalah berlatih grammar atau struktur bahasa. Percaya atau tidak, dalam belajar bahasa Inggris kita tetap membutuhkan grammar dalam penerapannya. Untuk berlatih grammar sendiri, kamu dapat membeli buku-buku grammar di toko buku.  Buku-buku grammar yang paling sering digunakan diantaranya, Understanding and Using English Grammar ( Betty S.A), Modern English ( Marcella Frank), A Practical English Grammar( Thomson and Marnet), Practical E. Usage( Michael Swam). Namun kalau Kamu mengalami kesulitan dalam belajar, jangan ragu untuk bertanya. Kamu dapat bertanya pada orang yang menurut Kamu lebih tahu tentang struktur B.Inggris. Bisa juga bertanya melalui sosial media.Tidak jarang, orang lebih mudah memahami melakukan sosial media seperti Youtube daripada mempelajari face to face. Jadi, gunakan yang lebih mudah menurut Kamu.

4. Praktikkan


Segala sesuatu kalau diterapkan atau dipraktikkan tidak akan bertahan lama. Begitu pula Bahasa Inggris. Supaya tidak mudah hilang Kita harus menerapkan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya writing, Kita dapat melatihnya melalui menulis dairy. Speaking, Kita bisa melatihnya dengan praktik langsung conversation dengan teman. Ketika sudah merasa mahir dalam speaking, Kamu dapat mengujinya conversation dengan turis di tempat-tempat wisata sekalian berwisata juga.

5. Istiqomah


Tips jitu belajar Bahasa Inggris otodidak yang terakhir yaitu istiqomah. Cara jitu belajar Bahasa Inggris, kamu harus istiqomah. Mengapa harus istiqomah? Ini karena bisa itu soal kebiasaan. Kalau kita terbiasa, hasilnya akan luar biasa. Untuk itu, perlu istiqomah supaya mencapai hasil maksimal.
Bahasa Inggris merupakan aspek penting dalam kehidupan. Kita menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bahasa dapat menunjukkan siapa diri Kita. So, penting bagi Kamu untuk mempelajari bahasa. Salah satunya Bahasa Inggris.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel