Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

MEDIASIBLOGGER.COM, CARA MEMBUAT MAKALAH - Makalah adalah karya tulis yang sudah tidak asing terdengar karena menjadi menu wajib di kalangan para pelajar, khususnya pelajar di tingkat Perguruan Tinggi. Namun demikian, masih sering terjadi makalah yang kurang memenuhi aturan sehingga bagi setiap pelajar hendaknya memperhatikan cara membuat makalah yang baik.


cara membuat makalah
cara membuat makalah


Pada perguruan tinggi, makalah memang menjadi sebuah tugas yang mendasar bagi seluruh mahasiswa guna akan terbiasa dalam menyusunnya dan terbiasa berpikir kritis sehingga tujuan akhirnya nanti para mahasiswa tidak kaget ketika sudah berada di semester akhir di mana harus melaksanakan tugas wajib menyusun skripsi.

Problematika hingga saat ini yang sulit untuk dihindarkan dari sebagian besar kalangan pelajar adalah membuat dan menyusun isi makalah dengan cara cepat. Penggunaan  cara membuat makalah secara cepat dengan mengambil (copy-paste) artikel-artikel pada internet. Padahal cara cepat yang demikian justru akan merugikan diri sendiri.

Susunan dan format makalah yang baik dan benar
Makalah yang dibuat tanpa memperhatikan cara membuat makalah dengan susunan dan format yang baik dan benar akan berdampak pada penyusunan yang acak-acakan, tidak rapi sehingga akhirnya juga berpengaruh pada pemahaman isi oleh pembaca makalah tersebut. Adapun susunan penulisan makalah yang baik adalah sebagai berikut :

  • Halaman cover (judul/jilid) yakni merupakan halaman yang diletakkan pada bagian paling depan dan berisi judul makalah, nama pembuatnya, logo instansi, nama dan alamat sekolah /perguruan tinggi serta tahun pembuatan.
  • Disertakan lembar pengesahan (apabila ada).
  • Kata pengantar, hendaknya isi dari kata pengantar mencakup rasa syukur kepada Allah, penyampaian rasa terimakasih, kesediaan untuk menerima berbagai kritik dan saran, harapan penulis serta doa.
  • Daftar isi makalah. Adanya daftar isi adalah berguna untuk memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mendapatkan judul serta halaman yang dituju sehingga daftar isi lebih baik ditulis ketika penulisan makalah sudah selesai agar penulisan poin judul maupun sub judul dapat lengkap dan urut. 
  • Serta daftar table (apabila ada).
  • Inti/isi makalah yang terdiri dari 3 bab :
  1. Bab I (Pendahuluan) terdiri dari 3 sub bab yakni :Latar belakang masalah berisikan tentang alasan-alasan penggunaan judul tersebut dalam penulisan makalah.
  2. Batasan masalah / rumusan masalah.
  3. Tujuan penulisan yakni maksud yang diingin dicapai daripada penulisan makalah tersebut.
  • Bab II (Pembahasan) merupakan bagian yang terpenting karena berisi serangkaian pembahasan materi secara rinci dari ruang lingkup judul makalah. Pembahasan hendaknya ditulis secara praktis dan bersumber dari berbagai buku atau referensi sehingga jelas, lengkap serta mudah dipahami.
  • Bab III (Penutup) terdiri dari 2 sub yakni :
  1. Kesimpulan ditulis secara singkat, dan jelas. Kesimpulan hendaknya ditulis sesuai dengan rumusan masalah.
  2. Saran ataupun usulan.
  3. Daftar pustaka (referensi yang digunakan dalam penulisan makalah) baik yang berasal dari buku, jurnal, surat kabar, maupun internet semua harus dicantumkan secara lengkap dengan mengikuti tata penulisan dalam Bahasa Indonesia.
  4. Disertakan lampiran-lampiran (apabila ada).
Selain susunan di atas, cara membuat makalah yang baik tentu juga harus menggunakan format aturan penulisan yang berlaku, biasanya makalah ditulis pada kertas A4 dengan batas atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm serta kanan 3 cm. Selain itu penulisannya menggunakan jenis font TNR ukuran 12 dan dilengkapi dengan halaman.

Dengan memperhatikan cara membuat makalah di atas, hendaknya para pelajar atau mahasiswa lebih telit, cermat dan detail dalam menyusun makalah mengingat sebenarnya makalah hanyalah meruakan bentuk kecil atau cuplikan dari penulisan sebuah karya tulis ilmiah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel