5 Manfaat Utama Buah Naga untuk Kesehatan

Mediasiblogger.com, Sebagian besar orang sekedar mengetahui buah naga sebagai buah dengan rasa yang manis, banyak air yang terkandung di dalamnya sehingga menyegarkan, dan kenikmatannya saat dijadikan bahan utama jus dingin. Di luar hal itu tidak banyak yang mengetahui mengenai kandungan baik di dalamnya beserta manfaat buah naga untuk kesehatan.


manfaat buah naga
Buah Naga


Buah naga merupakan kerabat dari tanaman jenis kaktus. Pertama kali buah naga ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah. Namun saat ini budidaya buah naga khususnya yang berwarna merah telah dilakukan di berbagai negara diantaranya Filipina, Vietnam, Taiwan, Jepang, Malaysia, Australia, Tiongkok Selatan dan Indonesia.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan


Apabila ingin mendapatkan manfaat dari buah naga secara maksimal, maka sebaiknya buah ini dikonsumsi rutin. Apa saja 5 manfaat buah naga untuk kesehatan?

1. Meningkatkan imunitas tubuh


Berbagai zat baik yang terkandung dalam buah naga terbukti bermafaat untuk memperkuat imunitas tubuh. Kandungan buah naga yang kaya vitamin dan antioksidan dapat menjaga kesehatan sekaligus mendukung stamina tubuh agar bertahan lama. Imunitas tubuh yang kuat penting guna meminimalikan efek buruk radikal bebas. Selain itu, imunitas yang kuat akan menjadi pertahanan terhadap serangan penyakit.

2. Menurunkan kadar kolesterol 


Buah naga mempunyai kandungan zat baik yaitu Niasin atau yang biasa pula disebut vitamin B3. Niasin pada buah naga sangat baik bagi pendeita penyakit kolesterol tinggi karena mampu meminimalkan kadar kolesterol tubuh. Sebagaimana yang diketahui banyak orang bahwa kolesterol berbahaya bila kadarnya dibiarkan tinggi tanpa penanganan apapun. Berbagai penyakit-penyakit serius dapat timbul seperti stroke dan penyakit jantung.

3. Membantu Proses Penyembuhan Penderita Penyakit Kanker


Buah naga sangat direkomendasikan sebagai konsumsi rutin para penderita penyakit kanker. Kandungan zat baik buah naga berupa antioksidan dan beragam vitamin mampu membantu proses penyembuhan kanker. Begitu pula bagi penderita kanker yang sedang dalam proses pengobatan kemoterapi, kandungan baik buah naga akan membantu melawan kanker dan mengurangi efek samping kemoterapi.

4. Menstabilkan kadar gula di dalam darah dan menstabilkan tekanan darah yang tinggi


Manfaat buah naga untuk kesehatan lainnya ialah menstabilkan tekanan darah yang tinggi serta menstabilkan kadar gula di dalam darah. Kandungan Niasin atau vitamin B3 pada buah naga sangat baik bagi penderita hipertensi. Selain itu, meskipun memiliki rasa manis tetapi manisnya bukan dari glukosa. Manis buah naga aman bagi penderita diabetes, bahkan buah naga dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

5. Mencegah terjadinya osteoporosis


Kandungan baik berupa kalsium organik pada buah naga sangat mendukung kesehatan tulang, sehingga mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Buah naga yang dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja dapat mencegah stunting dan mendorong pertumbuhan maksimal tulang.

Kandungan Gizi Buah Naga


Segala manfaat baik di atas dapat diperoleh karena adanya zat-zat baik bagi tubuh dalam buah naga. Apa saja kandungan baik tersebut?
  • Protein : 1, 1 gr
  • Air : 87 gr
  • Lemak : 0,4
  • Karbohidrat  : 11, 0 gr
  • Vitamin B1 (Thiamine) : 0,04 gr     
  • Serat : 0,04 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) : 0,05 mg  
  • Vitamin B3 (Niacin) : 0,16 mg  
  • Kalisium (Ca) : 8,5 mg  
  • Vitamin C (Ascorbic Acid) : 20, 5 mg
  • Besi (Fe) : 0,16 mg
Baik buah naga yang berwarna putih maupun yang berwarna merah, memiliki kandungan nutrisi berlimpah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel