Daftar Menu Berbuka Puasa yang paling Digemari

Mediasiblogger.com, Ramadhan sebentar lagi. Ibadah wajib yang Kita lakukan di bulan penuh berkah ini adalah Puasa Ramadhan. Salah satu hal yang sering Kita tunggu pada moment puasa adalah menyiapkan menu berbuka puasa. Setelah seharian berpuasa paling semangat jika berbuka dengan menu berbuka puasa yang istimewa. Menu berbuka puasa tidak hanya enak, tetapi juga sebaiknya memenuhi kebutuhan gizi.

Menu Sehat untuk Menu Berbuka Puasa

 

menu berbuka puasa
menu berbuka puasa

Kita sering mendengar istilah empat sehat lima sempurna. Makanan yang terdiri dari nasi, sayur, lauk-pauk, buah, dan susu. Namun, tidak semua dari Kita menyiapkan makanan dengan konsep empat sehat lima sempurna.
Meskipun tidak lengkap empat sehat lima sempurna, sebaiknya Kita tetap harus mengusahakan makan makanan sehat. Di bawah ini adalah beberapa menu sehat yang cocok untuk menu berbuka puasa.

1. Es kelapa

Setelah seharian berpuasa, tubuh perlu air untuk mengganti cairan yang hilang. Es kelapa muda paling cocok untuk menghilangkan dahaga sekaligus mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Sayur bayam

Menu sehat yang satu ini, kaya akan zat besi. Selain kaya akan zat besi, sayur bayam juga dapat mencegah dehidrasi. Cocok banget buat menu berbuka puasa.

3. Tempe goreng

Makanan khas Indonesia yang satu ini, dikenal kaya akan kandungan proteinnya. Selain cocok diolah dalam segala jenis menu makanan. Tempe goreng, dan cocok banget buat teman makan bersama sayur bayam.

4. Es blewah

Panas-panas capek habis ngabuburit, dan puasa seharian enaknya minum yang segar. Kali ini es blewah solusinya. Es blewah paling pas banget buat minuman berbuka puasa.

5. Tumis buncis

Bagi yang suka sayuran, berbuka puasa dengan menu tumis buncis memang pas. Tumis buncis juga salah satu menu makanan yang simple dan mudah dalam pembuatannya. So, nggak perlu ribet.

6. Krupuk udang

Makanan ringan yang satu ini, paling cocok sebagai teman makan apapun dan dimanapun. Tapi kali ini, krupuk udang paling cocok disajikan dengan tumis buncis.

7. Es cendol

Minuman tradisional yang satu ini, cocok banget buat minuman pembuka menu berbuka puasa. Perpaduan gula merah Jawa dan santan, ditambah kenyalnya cendol, dipadu dengan dinginnya es, paling cocok buat menu berbuka kamu.

8. Perkedel kentang

Ini buat kamu yang nggak suka atau lagi bosan menu sayur hijau. Kamu bisa coba menu simple yang satu ini, perkedel kentang. Perkedel kentang cukup mudah membuatnya. Tinggal rebus kentang, kupas kulitnya, hancurkan kentang, bumbui, bentuk bulat, dan goreng. Bisa juga pilih yang instan, jika kamu nggak mau ribet.

9. Sambal tomat

Sambal tomat cocok banget buat kamu yang lagi pengen yang pedas. Cocok banget dipadukan dengan kentang goreng.

10. Kolak labu

Menu berbuka puasa dengan kolak? Bagus juga, ini untuk kamu yang pengen anget-anget Kamu bisa coba kolak labu, kolak pisang, atau kolak dengan varian lainnya. Kolak tidak hanya bisa dinikmati dalam kondisi hangat, kamu bisa menambahkan es batu jika kamu suka kolak dingin.

11. Tumis kangkung

Tidak jauh berbeda dengan tumis buncis di atas, tumis kangkung juga mudah dalam pembuatannya. Ini solusi buat kamu yang lebih suka tumis kangkung yang daripada tumis buncis, atau kacang panjang.

12. Bakwan jagung

Tumis kangkung cocok dipadukan dengan bakwan jagung. Pedas manisnya tumis kangkung dipadukan dengan bakwan jagung yang manis dan gurih cocok banget buat menu berbuka puasa kamu.

13. Es campur

Perpaduan buah, es, susu memang cocok sebagai menu berbuka puasa. Potongan buah dan agar-agar dengan berbagai warna, sangat menarik perhatian mata. Kesegarannya mampu menghilangkan dahaga saat berbuka puasa.

14. Pecel tempe

Pecel merupakan makanan tradisional yang berisi sayuran, ditambah sambal pecel. Menu uang satu ini, paling nikmat jika dipadukan dengan tempe sebagai lauknya.

Berbuka puasa bukan hanya soal makan kenyang. Tapi juga makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Selain makanan enak, juga perhatikan makanan sehat. So pilih menu berbuka puasa yang sehat ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel