Bacaan Doa Qunut Shubuh Dan Qunut Nazilah Lengkap

Mediasiblogger.com, Do’a qunut adalah doa yang dibaca saat Sholat Subuh. Hukum membaca do’a qunut ini adalah sunnah, artinya boleh dibaca atau tidak. Tetapi Kita akan mendapatkan pahala jika mengamalkannya saat Sholat Subuh dan jika tidak melaksanakan maka tidak akan berdosa. Bagi yang sudah mengamalkannya, ada dua macam do’a qunut, yakni doa qunut shubuh dan qunut nazilah.

doa qunut shubuh & qunut nazilah
doa qunut shubuh & qunut nazilah


Ada manfaat lain dari do’a qunut yang Kita baca, selain untuk pelengkap doa Sholat Subuh, yakni sebagai do’a untuk penolak bala. Kita bisa melafadzkannya setelah sholat witir juga. Ini pun dilakukan oleh Nabi Muhammad selama satu bulan penuh di Bulan Ramadhan. Untuk itulah Kita sangat disarankan untuk membaca doa qunut shubuh & qunut nazilah.

Saat membaca doa qunut shubuh & qunut nazilah ini pun bukan hanya mendoakan penolak bala untuk diri sendiri, melainkan untuk keluarga dan orang-orang di sekitar Kita. Namun yang mash asing bagi Kita adalah tentang do’a qunut nazilah, karena selama ini yang Kita kenal hanyalah do’a qunut saja.

Padahal do’a qunut nazilah adalah do’a penolak bala juga. Namun Kita hanya bisa membacanya saat sedang dalam masalah, ujian, atau kegundahan. Nabi Muhammad membaca doa’a qunut nazilah ini setiap kali melaksanakan sholat wajib. Sebelum sujud di rokaat terakhir sholat wajib, tepatnya.
Berikut adakah bacaan doa qunut shubuh & qunut nazilah beserta latin dan artinya untuk mempermudah Kita dalam menghafal.

Bacaan Doa Qunut Shubuh dan Artinya


اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ، فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى
عَلَيْكَ  وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ  وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ  تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ  فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ  وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ  وَصَلَّى
اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allah hummah dinii fiiman hadait. Wa'aa finii fiiman 'aafait. Watawallanii fiiman tawal-laiit. Wabaariklii fiimaa a'thait. Waqinii syarramaa qadhait. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik. Wainnahu laayadzilu man walait. Walaa ya'izzu man 'aadait. Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait. Falakalhamdu 'alaa maaqadhait. Astaghfiruka wa'atuubu ilaik. Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya :"Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan.

Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.

Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

Bacaan Doa Qunut Nazilah dan Artinya


اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ

Allâhumma innâ nasta‘înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq.

Artinya : “Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu.
Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Bacaan doa qunut shubuh & qunut nazilah tersebut bisa Kita hafalkan dengan mudah seraya mengaplikasikannya dalam sholat. Banyak manfaat yang akan Kita rasakan dengan permohonan keselataman dengan doa ini.

Referensi :

http://sumsel.tribunnews.com/2018/11/07/bacaan-doa-qunut-shubuh-dan-qunut-nazila-lengkap-dengan-bahasa-arab-latin-serta-artinya?page=4

https://elizato.com/doa-qunut/ 

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel